Selasa, 26 April 2011

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD


BAB V
PENUTUP

A.    Simpulan
Berdasarkan teori dan hipotesa yang diajukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan  mengoptimalkan peran serta komite dalam penyelenggaraan pendidikan,maka dapat meningkat pula pelaksanaan MP MBS di SD Negeri 1 Katekan.
Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal,di mana komite sekolah belum ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan,pada kondisi akhir komite sudah ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Katekan.

B.    Implikasi
Guna meningkatkan pelaksanaan MP MBS dalam penyelenggaraan pendidikan,kita harus melibatkan komite sekolah secara langsung. Karena dengan ikut berperan aktifnya komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan akan mengurangi beban sekolah.
Komite sekolah berperan dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan yang meliputi perencanaan,pengawasan,dan evaluasi program pendidikan.

C.    Saran
Sesuai dengan manfaat penelitian ini,yaitu salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan meningkatkan pelaksanaan MP MBS di sekolah dengan melibatkan komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan,maka diharapkan agar sekolah mengoptimalkan peran serta komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More