BAB IV
HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Diskripsi Kondisi Awal
Di dalam Undang-undang Sistim Pendidikan Nasional,pasal 36 ayat 1 disebutkan bahwa, masyarakat berperan dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan yang meliputi perencanaan,pengawasan,dan evaluasi program pendidikan melalui Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah / Madrasah. Selain itu dalam ayat 3 disebutkan bahwa,komite sekolah/ madrasah sebegai lembaga mandiri dibentuk dan berpran dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan,arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana,serta s pengawasan pada tingkat satuan pendidikan.
Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran serta komite /masyarakat di dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Namun dalam kenyataannya,peran serta komite dan masyarakat di SD Negeri 1 Katekan belum optimal. Keberaadaan sekolah seolah-olah sekolah di tengah-tengah mesyarakat bukan sekolah milik masyarakat. Hal ini terbukti tidak adanya keikut sertaan komite dan masyarakat dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Katekan.
B. Diskribsi Siklus I
1. Perencanaan Tindakan
Pendekatan Terhadap Komite.
Pendekatan Terhadap Lembaga Desa .
2. Pelaksanaan Tindakan
Pertemuan Dengan Komite.
3. Hasil Pengamatan atau Observing
Dari hasil pengamatan pad siklus I, ternyata komite memberi tanggapan yang positif.
4. Refleksi
Komitedan lembaga-lembaga desa sangat mendukung program-program dari sekolah.
C. Diskripsi Siklus II
1. Perencanaan Tindakan
Merencanakan pertemuan dengan wali murid.
2. Pelaksanaan Tindakan
Melaksanakan tindakan rapat dengan wali murid.
3. Hasil Pengamatan
Dari hasil Pengamatan dari siklus II, ternyata wali murid member tanggapan yang positif
4. Refleksi
Sekolah, Komite sekolah dan wali murid terjalin komunikasi yang baik. Wali murid dukungan program-program sekolah yang dicanangkan.
0 komentar:
Posting Komentar