Selasa, 26 April 2011

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD


BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Seting Penelitian
1.     Tempat penelitiann
Penelitian tindakan sekolah ini, dilaksanakan di SD Negeri 1 Katekan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Ngadirejo Kabu paten Temanggung. Selain itu juga di sekitar SD Negeri 1 Katekan dimana anggota komite sekolah SD N 1 Katekan tinggal, tepatnya di dusun Lamuk Desa Katekan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temang gung. Anggota komite sekolah SD N 1 Katekan berjumlah  17 orang dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang bermacam-macam.











Gambar 1.
Lokasi penelitian dusun Lamuk desa Katekan
13
 

2.     Waktu penelitian

No
Uraian
Waktu (Bulan)
Ket
I
II
III
IV
V
VI
1
Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan sekolah






2
Penyusunan Instrumen






3
Pengumpulan data






4
Menganalisa data






5
Pembahasan / Tindakan






6
Penyusunan laporan







B.      Subyek Penelitian
Subyek penelitian ini ada;ah peran serta komite SD N 1 Katekan, UPT  Dinas Pendidikan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung dengan jumlah 17 orang.

C.      Sumber Data
1.     Asal  / Sumber data
Sumber data pada penelitian ini ada 2 sumber yaitu :
a.      Primer, yaitu berasal dari komite sebagai subjek peneliti.
b.     Sekunder, yang berasal dari hasil pengamatan.
2.     Bentuk data
Bentuk data dalam penelitian ini berupa:
a.      Data  bentuk kuantitatif yaitu berupa banyaknya/jumlah pertemuan sekolah dengan komite sekolah yang berupa daftar hadir dan notulen.
b.     Kualitatif
Sumber data kualitatif yaitu berupa hasil pengamatan.
c.      Banyak sumber data

Banyak sumber data pada penelitian ini adalah :
a.      Data kondisi awal
b.     Data siklus I
c.      Data siiklus II

D.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data
1.     Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non tes.
Teknik non tes meliputi observasi/pengamatan. Interview, kuisioner/angket, inventory, study kasus, check list, skala righting, susiometri, laporan anekdot, catatan komulatif, dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan teknik pengamatan.
2.     Alat Pengumpulan Data
Alat pengumpulan data pada penelitian ini, disesuaikan dengan teknik pengumpulan data yaitu pengamatan, yang berupa hasil pengamatan.

E.    Validasi Data
Supaya data yang diperoleh valid, maka peneliti menggunakan trianggulasi.
Triangulasi ada 2 yaitu:
1.     Triangulasi Sumber
Dalam triangulasi ini melibatkan teman sejawat sebagai sumber.
2.     Triangulasi Metode
Yaitu menggunakan beberapa metode.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber.

F.     Analisis Data
Dalam menganalisis data ini, baik kondisi awal, siklus I dan siklus II penulis menggunakan diskriptif kualitatif, yaitu member gambaran peran serta komite pada kondisi awal, siklus I dan kondisi akhir siklus II.

G.   Indikator Kinerja
Target yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu:
1.     Menciptakan hubungan yang baik antara sekolah dengan komite sekolah.
2.     Keaktifan peran serta komite sekolah dalam peningkatan pelaksanaan MPMBS di dalam  penyelenggaraan pendidikan .

H.    Prosedur Tindakan
1.     Prosedur Tindakan siklus I
Langkah-langkahnya yaitu:
a.      Perencanaan/ planning
b.     Melaksanakan Tindakan.
c.      Observasi/pengamatan.
Mengadakan pengamatan terhadap keaktifan komite sekolah pada siklus I.
d.       Refleksi.
P1
A1
R1
O1
Membandingkan kondisi awal dengan hasil siklus I.






Gambar 2.
Tindakan siklus I
2.       Prosedur Tindakan Siklus II
langkah-langkahnya yaitu:
a.      Perencanaan/planning.
b.     Melaksanakan Tindakan.
c.      Observasi/pengamatan.
Mengadakan pengamatan terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar pada siklus II.
d.     Refleksi.
Membandingkan hasil kondisi awal siklus I dengan siklus II.
P2
A2
R2
O2
 







Gambar 3.
Tindakan siklus II

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More